Inilah penyebab unit ac berisik dan cara mengatasinya

Ac atau pendingin ruangan umumnya berfungsi normal apabila dirawat dengan baik. Pemilik ac yang kurang merawat mesin ac-nya, dapat menemui berbagai kendala terkait dengan pendingin yang dimilikinya itu. Masalah seringkali muncul yakni ac jadi tidak dingin, sensor melemah, kebocoran air, serta bunyi berisik pada ac itu sendiri.

Salah satu masalah yang sering muncul pada ac yang tak terawat adalah munculnya suara berisik pada mesin outdoor dan biasanya itu sangat menggangu sekali. Selain itu, ac kalau sudah mengeluarkan suara "berisik" kalau tidak di tangani secepatnya maka akan berakibat pada kurang maksimalnya udara dingin yang di hasilkan. Ini tentu kurang bagus dan sangat sayang kalau tidak di tangani secepatnya.
Inilah penyebab unit ac berisik dan ketahui cara mengatasinya
Bagi anda yang sekarang mengalami "berisik"nya mesin ac di rumah, berikut penyebab dan cara mengatasi suara ac yang berbunyi dan semoga tips ini bisa membantu anda.
Baca jugaService ac panggilan kawasan grand wisata dan dukuh zamrud bekasi
Unit indoor ac yang kotor
Umumnya gejala ac tidak dingin dan keluar bunyi berisik berawal dari tidak di rawatnya kebersihan ac tersebut.
Seringkali pemilik lupa membersihkan unit ac indoor yang kotor. Daun kipas (IDU) pada bagian dalam unit ac kadang dapat membuat putaran tidak seimbang sehingga mempengaruhi kerja kompresor jadi lebih berat. Karena kinerjanya terlalu keras inilah yang menyebabkan ac jadi berbunyi.
Cara mengatasi:
Unit indoor ac kotor maka perlu dibersihkan. Lakukan pembersihan secara rutin minimal 3 bulan sekali, sedangkan untuk ac kamar tidur kira-kira 4-5 bulan sekali. Dengan melakukan pembersihan secara ber-kala maka ac anda akan awet dan di jamin terhindar dari bunyi berisik yang menggangu.

Posisi penempatan ac indoor yang tidak sesuai
Penyebab ac berbunyi lainnya yakni disebabkan oleh penempatan posisi yang tidak sesuai. Ya benar..penempatan yang salah dapat membuat ac indoor berbunyi, hal ini dikarenakan karena baut yang terlepas ataupun tidak kuat sehingga mengakibatkan suara bising.
Untuk memperbaikinya silahkan cek satu-persatu bautnya dan kencangkan atau pasang baru jika memang sudah tidak ada.

Kipas ac Outdoor patah
Penyebab ac indoor berbunyi seringkali juga diakibatkan karena kipas blade ODU di unit outdoor patah dan mengganggu kinerja komponen ac yang lain. Ini jelas menimbulkan suara berisik dan solusinya yakni mengganti kipas yang patah tersebut.

Sirkulasi freon ac terganggu
AC berbunyi dapat disebabkan oleh sirkulasi freon yang tidak bekerja dengan maksimal dan biasanya kendala ini berawal dari instalasi ac yang tidak bagus.
Cara mengatasi hal tersebut yakni dengan mengganti dan membuang fluid freon sampai bersih (tidak tersisa) dan melakukan vakum secara maksimal. Setelah dirasa bersih, anda bisa mengisi freon yang baru.

Belt ac indoor longgar
Sabuk ac indoor longgar dapat menimbulkan suara bising. Cara mengatasinya yakni dengan memeriksa belt tersebut,posisikan agar kedudukannya kembali benar dan kalau beltnya memang bermasah/rusak, segera ganti dengan yang baru.

Itulah beberapa penyebab dari timbulnya suara berisik pada unit ac dan jika anda menemui kendala dalam mengatasi unit ac yang berisik, kami adam ac siap memberikan konsultasi dan service panggilan untuk perbaikan ac anda.
Inilah penyebab unit ac berisik dan ketahui cara mengatasinya
Dengan tenaga profesional dan berpengalaman, kami siap meluncur kelokasi anda dalam beberapa menit saja. Jadi jangan segan untuk menghubungi kami, silahkan tekan tombol chat di bawah dan dengan senang hati kami akan mendengarpermasalahan ac anda.

Tidak ada komentar untuk "Inilah penyebab unit ac berisik dan cara mengatasinya"

Berlangganan via Email