Tips perawatan ac supaya awet

Air Conditioner (AC) adalah perangkat elektronik yang saat ini semakin dibutuhkan masyarakat. Namun, AC bisa cepat rusak dan boros listrik jika Anda tidak merawatnya dengan baik.
Berikut berbagi tips merawat AC agar senantiasa awet.
Menentukan kapasitas ac
Sebelum membeli, Anda perlu menemukan AC mana yang sesuai dengan ruangan. kapasitas PK (paard Kracht) tentunya harus sesuai dengan luas ruangan. PK sendiri merupakan sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan BTU (British Thermal Unit) sebagai penentu tingkat kesejukan udara yang dihasilkan. Misalnya untuk AC 1 PK, BTU-nya 9.000.
Tips perawatan ac supaya awet


Penggunaan

Gunakan AC yang sudah berteknologi inverter karena AC akan mampu hemat energi namun cepat sejuk. cara kerja AC jenis ini membutuhkan waktu tiga kali lebih lama dalam proses pendinginan untuk mencapai suhu yang diinginkan.

"Sebaiknya pilih AC yang sudah mendapatkan label hemat energi bintang 4. Dalam penggunaannya, kalau bisa tidak di bawah 18 derajat celsius. Karena semakin dingin, listrik yang digunakan juga semakin besar," tambah dia.
Setelah dipasangkan, biasakan untuk menggunakan timer dan mematikan AC ketika tidak digunakan. Sekadar informasi, AC merupakan penyedot listrik terbesar konsumen Indonesia, hingga 40-60 persen pengeluaran listrik digunakan untuk AC sehingga pastikan AC digunakan hanya pada saat dibutuhkan. Tutup semua ventilasi sebelum menyalakan AC.

Jangan tunggu panas

Tidak perlu menunggu AC hingga baunya tidak sedap atau terasa panas untuk memanggil tukang servis. AC perlu dibersihkan secara berkala. AC yang sudah dinaikkan hingga 20 derajat dan terasa panas artinya sudah tidak beres sehingga dia akan menyedot listrik lebih besar.
Jangan letakkan AC di sekitar benda elektronik lainnya pula. Hal tersebut akan mengganggu kinerja masing masing perangkat.

Tidak ada komentar untuk "Tips perawatan ac supaya awet"

Berlangganan via Email